Jumat, 25 November 2011

Kabel Sering Di curi Perjalanan Kereta Jadi Kacau

JAKARTA, (Tribunekompas)
By: Anto.


- Lalu lintas kereta api listrik mengalami kemacetan di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, sejak Rabu kemarin hingga pagi tadi. Penyebabnya adalah pencurian kabel pada panel sinyal pengatur lalu lintas kereta.

"Awalnya kami kira kerusakan karena tersambar petir, tetapi setelah ditelusuri ternyata ada yang mencuri kabel di panel sinyal Stasiun Manggarai," kata Kepala Humas PT KAI Daops I Mateta Rizalulhaq, Kamis, 24/11.

Pencurian itu, lanjut dia, diduga terjadi pada pukul 18.05 WIB kemarin petang karena sejak saat itu panel sinyal tidak berfungsi. Akibatnya, terjadi penumpukan kereta api listrik yang akan masuk ke Stasiun Manggarai. "Tiap kereta yang mau masuk harus menunggu sekitar 1,5 jam tadi malam," ujarnya.

Namun menjelang pagi, waktu antrean berangsur kurang, sekitar 1 jam per kereta. Arus lalu lintas kereta baru normal kembali pada pukul 09.05 WIB tadi.

Pencurian perangkat stasiun seperti ini, kata Mateta, kerap terjadi. Tidak hanya di Stasiun Manggarai saja, tapi di banyak stasiun. Mateta sendiri tidak bisa memastikan pencurian tersebut dapat mudah diantisipasi. "Stasiun di Indonesia itu terbuka. Jadi, yang bisa melintas masuk ke stasiun tidak hanya penumpang saja, siapapun bisa," ujarnya.

Banyaknya orang yang hilir mudik itu membuat petugas sulit melakukan pengawasan. "Apalagi perangkat stasiun beragam dan di banyak tempat." Karena terkendala petugas pengawas, dia pun meminta masyarakat untuk tidak melakukan pencurian perangkat stasiun.

"Tolong bantu petugas juga untuk lakukan pengawasan karena kelakuan tangan jahil itu bisa berakibat fatal pada ratusan nyawa penumpang," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar